BLING

Glitter Text Generator at TextSpace.net

Kamis, 22 Maret 2012

Langkah dan Tahap Install Ulang OS Windows dan Linux


1. Install Windows 98 / 2000 / ME / XP / Vista / Linux
Langkah pertama dalam mengistall ulang operating system pada komputer PC atau laptop Anda adalah booting ulang ke disket Anda dan pilih support cd-rom device. Setelah keluar command prompt lalu anda masukkan cd instalasi OS (CD bootable) Anda sesuai kebutuhan Anda. Kemudian cari drive cd-rom atau dvd-rom Anda dengan mengetik d: atau e: dan lain sebagainya sesuai lokasi drive cd atau dvd rom Anda.
Misalnya partisi hard disk Anda hanya satu (secara umum menjadi drive C), berarti posisi CD-Rom Anda di drive D. Namun jika partisi hard disk Anda ada 2 (secara umum menjadi drive C dan drive D), berarti letak CD-Rom atau DVD-Rom Anda berada di drive E.
Setelah ketemu Anda kemudian cari file setup.exe dengan perintah cdnama folder (dalam perintah yang diekskusi dari DOS, folder ini disebut Directory) untuk masuk ke dalam folder/directory.
Perintah CD.. untuk mundur satu folder level.
Perintah DIR atau DIR/W atau DIR/P untuk melihat list file yang ada pada folder tersebut. Kalau sudah ketemu maka jalankan setup.exe atau install.exe dengan mengetik nama file tersebut lalu tekan tombol enter satu kali saja (tampilannya : A:>SETUP (Enter)).
Langkah berikutnya Anda tinggal mengikuti instruksi/perintah yang ada pada installasi cd atau dvd os tersebut.
2. Setting Settingan Boot pada Bios
Setelah install ulang windows atau linux selesai, maka keluarkan disket flopyy 1,44 MB atau CD Bootable Anda dan masuk kembali ke menu bios setelah restart ulang. Pilih IDE-0 atau Harddisk sebagai first boot (booting urutan pertama). Floppy bisa Anda seting menjadi boot kedua dan cd-rom menjadi boot ketiga, atau Anda atur menurut kebutuhan Anda. Jadi, Anda bebas menentukannya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Sehabis itu direstart ulang kembali.
3. Install Driver dan Software
Jika sudah berhasil masuk ke tampilan windows atau linux awal, selanjutnya anda nginstall driver untuk sound card, printer, scanner, kabel data, dan sebagainya sesuai hardware yang ada. Anda harus mencari dan memiliki sendiri driver tersebut. Setiap jenis komputer memiliki driver yang berbeda. Biasanya anda akan diberi cd driver saat anda membeli komputer atau hardware lainnya. Tanpa driver maka peralatan yang terhubung pada komputer laptop atau pc tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KLP

Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net